Tuesday, September 15, 2009

1.Sifat Logm
sebagian besar logam memiliki sifat sebagai konduktor dan memiliki warna putih metalik kecuali emas dan tembaga.
a). Sebagai konduktor
1. konduktor arus listrk


Pernahkah kita memikirkan bagaimana arus listrik dapat mengaliir melalui kabel??? padahal jarak sumber pembangkit listrik dengan daer ah tujuannya cukup jauh. pernahkah kita memikirk an bagaimana listrik dari jakarta dapat sampai ke surabaya?? apabila kita telaah secara mendalam kita tahu bahwa arus listrik mengalir melalui kabel, dan sebagian besar kabel terbuat dari logam,, biasanya logam tembaga. secara mikroskopis logam tembaga tersusun atas atom tembaga yang didalamnya terdapat elektron. Elektron-elektron atau kita sebut awan elektron didalam logam menerima muatan listrik yang tidak lain adalah berupa elektron juga. ketika muatan elektron yang voltasenya lebih tinggi dialirkan pada kabel, maka elektron dalam kabel (logam) menjadi tidak stabil,, muatan yang diterimanya akan ditransfer ke elektron lainnya,, sehingga seperti model estafet. begitulah kiranya sehingga listrik dari jakarta dapat sampai ke surabaya..
2. Konduktor panas
sama halnya dengan peristiwa konduktor listrik, sebagai konduktor panas logam ketika diberi kalor,, atau kita sebut energi,, maka akan menyebabkan elektron didalamnya menjadi tidak stabil. model konduktor panas ini diibaratkan sebagai model " pak pos " yang pulang pergi setelah tugasnya selesai. begitu pula dengan elektron setelah mentransferkan energi ke elektron yang lain ia akan kembali ke posisinya yang semula.


b) Memiliki warna putih metalik kecuali emas dan tembaga
Adanya gejala warna pada logam dapat kita pelajari melalui orbital molekul atau MOT (Molecular Orbital Theory). Kita telah mengenal susunan elektron dalam orbital pada suatu atom. sekarang bagaimanakah dengan orbital suatu molekul?? mari kita pelajari teori orbital molekul berikut ini. Misal kita memiliki Molekul KF. Yang terdiri dari unsur K Dan unsur F. tingkat energi molekul KF dapat kita gambrkan seperti berikut ini :



Gambar Diagram Orbital Molekular KF

19 K = 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s1
9 F = 1s2 2s2 2p5

Konfigurasi electron : 1s 2s 2p 3s 3p (σsp)2 2py 2pz
Orde Ikatan : (2-0)/2=1


lebih seru,, kalau kita nonton video teori MOT (Molecular orbital theory)

nonton yuuuk....



0 comments:

Total Pageviews

Popular Posts